A ( Yondaime Raikage ) - Sahabat Naruto Indonesia
 
Debut
Manga Chapter 416
Anime Shippuden Episode 152
Movie Naruto shippuden 5: Blood Prison
Game Naruto Shippuden: gekito ninja taisen! special
Muncul Dalam Manga, Anime, Movie, Game

Pengisi Suara
Jepang Hideaki Tezuka
Inggris Beau Billingslea

Data
Jenis kelamin

Laki-laki

Jabatan

Raikage
Pemimpin tertinggi dari angkatan aliansi shinobi

Afiliasi

Kumogakure

Tingkat Ninja

Kage

Rekan Killer Bee
Keluarga

Sandaime Raikage ( Ayah )
Killer Bee ( Adik Angkat )

Elemen

Raiton

A adalah anak dari Raikage Ketiga. Pada beberapa titik di masa lalu, sekelompok anak-anak berkumpul untuk menentukan siapa yang akan menjadi tag-tim bersama A, sesuai dengan tradisi lama Kumogakure   Raikage memiliki pasangan tag-tim. Hanya satu dari anak-anak yang bisa berhasil menyeimbangkan daya dengan A dan menggunakan Lariat ganda pada boneka latihan.

sehingga, anak itu diberi nama "B", dan A menyatakan bahwa mereka akan menjadi saudara sejak hari itu. Dia dan Bee akhirnya bekerja sama menjalankan suatu misi dan juga bersama dengan Jinchuuriki Hachibi sebelum Bee. Jinchuuriki itu  mengatakan kepada A bahwa Bee akan membutuhkan sesuatu untuk mengisi kekosongan hati  jika ia terpilih sebagai jinchūriki berikutnya.

Beberapa waktu kemudian sepupu Bee kehilangan kendali atas Hachibi ( Gyuki ) dan Hachibi mengamuk menyebabkan cukup banyak korban, termasuk ayah dari Motoi. Setelah kematian jinchuuriki tersebut Bee akhirnya di jadikan Jinchuuriki selanjutnya.

Suatu saat konflik yang melibatkan Konoha dan Kumo, Kumo bermaksud mendapatkan Kyuubi.  A bertarung dengan Minato Namikaze untuk pertama kalinya. Dia masih kalah dalam hal kecepatan, sebelum pergi Minato mengatakan bahwa mereka akan bertemu lagi ketika keduanya mendapat gelar Kage.

Beberapa waktu setelahnya, Sandaime Raikage wafat dan A menjadi Raikage selanjutnya.

Penampilan

Dia pria berkulit gelap tinggi dengan otot besar, dengan rambut putihnya (pirang di anime), kumis dan jenggot kecil. Wajahnya sangat dibedakan dengan tulang pipi menonjol dan palung air mata di bawah matanya, dan lipatan yang menonjol di dahinya. sifat dia warisi dari ayahnya. Selama bertarung dengan Sasuke, lengan kirinya diamputasi setelah terbakar oleh api Amaterasu.

Tidak seperti Kage lain, A tampaknya memakai seragam Kage dan topinya secara teratur  tanpa baju di bawahnya, lebih lanjut menampilkan fisik raksasanya. Dia memiliki tato hitam Fūma Shuriken pada kedua bahu. Sampai pertarungan dengan Sasuke, ia memakai gelang bangle emas di kedua pergelangan tangan yang memiliki tonjolan yang dapat menghancurkan ketika ia menyerang. Dia juga memakai sabuk emas di pinggang dengan wajah babi hutan itu terukir di tengah. Semua aspek dikombinasikan memberinya penampilan pegulat profesional.

Ketika ia masih muda, A mengenakan baju berkerah tinggi dengan lengan dan celana compang-camping yang cocok bersama dengan jaket antipeluru dan pelindung tulang kering.

Kepribadian

A sangat peduli dan melindungi adiknya, meski statusnya Bee sebagai jinchūriki, dan menangis pada saat adiknya ditangkap oleh Akatsuki. Namun, ketika taktik Bee untuk menggunakan peristiwa itu untuk berlibur ketahuan, A sangat marah, dan bersumpah untuk menghukum adiknya.  Dia juga tipe orang yang tempramen tinggi, terlihat saat mendengar kabar kematian ayahnya ia menghancurkan tembok, juga saat Bee ditangkap bahkan juga saat di pertemuan lima kage ia menghancurkan meja dan membuat keadaan menjadi tegang.

A juga memiliki sikap yang sangat keras dan tegas, seperti yang terlihat ketika ia tampaknya tidak terpengaruh oleh permohonan Naruto untuk kehidupan Sasuke. Di matanya, rasa hormat dan kekuatan berarti segalanya di dunia ninja, dan yang lemah harus dan akan hancur. Hal ini berkorelasi dengan filosofi bahwa ninja tidak boleh kompromi atau sujud di depan ninja lain. A juga telah terbukti sangat curiga terhadap desa-desa ninja lainnya, menuduh mereka semua bekerja dengan Akatsuki dan mempertanyakan loyalitas mereka. Dalam pertempuran, A ditunjukkan secara fisik brutal, karena dia menggunakan kekuatan fisik yang ekstrim untuk menghancurkan lawan-lawannya, dan bersedia mengorbankan anggota tubuh, daripada kehilangan kesempatan untuk mengalahkan lawannya. Terlepas dari semua ini, A tampaknya mampu mengakui dan menghargai keterampilan shinobi lain dan, seperti yang terlihat ketika ia akhirnya mengizinkan Bee dan Naruto untuk masuk kemedan perang setelah mereka melampaui dia, dalam kekuatan dan kecepatan. Dan sebelum ini, A bahkan pernah berpikir bahwa tidak ada orang yang bisa melampaui Hokage Keempat.

Dia berbicara dengan sopan dengan anggota lain dari Aliansi. Namun, setelah mengetahui bahwa Akatsuki meng Edo Tensei ayahnya, A menjadi marah lagi. Seperti saudaranya, Raikage adalah orang yang penuh kasih juga, saat dia menenteramkan hati Darui tentang lengan kirinya dan mengatakan kepadanya untuk tidak menyalahkan dirinya sendiri.

A juga memegang kuat terhadap keyakinan bahwa jinchūriki bukan seorang individu, tetapi merupakan alat dari desa tempat mereka tinggal dengan demikian tidak memiliki hak untuk membuat keputusan sendiri.

kemampuan

Sebagai Pemimpin Kumogakure dan juga Pemimpin tertinggi pasukan aliansi shinobi, A tidak diragukan lagi merupakan shinobi yang sangat kuat. Karin juga mencatat bahwa tingkat chakra nya sebanding dengan Bijuu. Sedang  gaya bertarung A adalah kombinasi dari taijutsu dan ninjutsu untuk membentuk nintaijutsu yang sangat kuat.

A memiliki kekuatan fisik yang besar, mampu mengangkat sejumlah besar berat badan hanya dengan satu tangan, menghancurkan tebing dengan satu pukulan, serta mematahkan Kubikiribōchō menjadi dua (meskipun sebelumnya telah rusak). Dia bahkan dapat mematahkan beberapa tulang rusuknya Susanoo Sasuke.  

Raikage A tampaknya lebih suka bertarung dengan taijutsu, sampai-sampai ia belum dilihat menggunakan segel tangan berbasis ninjutsu. Meskipun fisik yang besar, Raikage sangat cepat, menyambar Zetsu ditenggorokan sebelum ia sempat bereaksi. A telah mengklaim bahwa sejak Hokage Keempat meninggal, tidak ada shinobi yang lebih cepat dari dia sampai Naruto melampaui dia dengan kecepatan di mode kyuubi.

Di atas kemampuan fisiknya, A juga terampil dalam teknik berbasis petir, melepaskan gelombang listrik continuo dari tubuhnya untuk membentuk Armour Lightning. Listrik ini melengkapi kekuatan  fisik A dan kecepatan ke titik di mana ia mengklaim Sharingan tidak dapat bersaing dengan gerakannya. Hal ini disebabkan oleh listrik merangsang sistem saraf dan mempercepat sinapsis saraf-nya, memperkuat refleksnya  Karena itu,. Ia dianggap seorang master nintaijutsu. Sementara menggunakan kemampuan ini, ia mampu menghindari ledakan chakra Jugo dan Amaterasu, yang keduanya berada di jarak dekat. Kecepatan nya di negara ini sangat meningkat, sampai-sampai disebutkan oleh C bahwa kecepatan reaksi Raikage adalah sebanding dengan Hokage Keempat.

Petir ini  juga dapat bekerja sebagai pertahanan yang kuat. Dengan sejenak meningkatkan lonjakan listrik, A mampu menangkis serangan dari Pedang Kusanagi Sasuke: Chidori Katana dari belakang dan menerima hanya luka kecil di dadanya dari serangan Chidori. Ia juga menunjukkan kemampuan untuk memfokuskan chakra petir ke titik yang cukup tajam untuk memotong rapi anggota badan manusia.

Pertemuan Lima Kage


A berangkat ke pertemuan Kage dengan dua pengawal: Darui dan C. Dalam perjalanan ke Tanah Besi mereka bertemu kembali dengan Tim Samui, yang memberikan mereka informasi tentang Sasuke yang diperoleh pada di Konoha. C dengan cepat menemukan bahwa Tim Samui telah diikuti oleh Naruto Uzumaki. Naruto memohon kepada  Raikage untuk mengampuni Sasuke, tapi permintaannya itu dengan tegas ditolak dan Raikage memarahi dia karena mencuat untuk penjahat.

Ketika pertemuan diKage mulai, A cepat menunjukkan ketidaksetujuannya atas desa-desa lain dengan menghancurkan meja di depannya, mendorong semua pengawal untuk datang ke melindungi Kage mereka. Setelah mereka kembali ke posisi mereka, A menyuarakan kecurigaannya dari Kage lain: Sunagakure yang digunakan Akatsuki untuk menghancurkan Konoha; bahwa Tsuchikage Ketiga mempekerjakan Akatsuki di masa lalu, bahwa Mizukage Kelima dan seluruh desanya adalah tidak dapat dipercaya setidaknya karena hubungan tersangka dengan Akatsuki. Dia menunjukkan bahwa  hanya Kumogakure yang tidak pernah memiliki perwakilan Akatsuki, juga tak pernah menggunakan Akatsuki untuk pertempuran. Dia menyindir bahwa Hokage saat ini, Danzō Shimura, memanfaatkan Akatsuki untuk mendapatkan posisi Hokage.

Ketika gagasan Aliansi Shinobi diutarakan, Danzō dinominasikan untuk memimpinnya. A marah, tapi sebelum ia bisa mengumpulkan banyak keberatan Zetsu muncul dan mengungkapkan bahwa Sasuke ada disitu. A segera meraih leher Zetsu dan menuntut informasi tentang lokasi Sasuke, dan kemudian mematahkan lehernya ketika ia terlalu lama untuk merespon. Dia kemudian pergi dengan C dan Darui untuk melacak Sasuke . Setelah menemukan mereka, A berusaha menyerang Sasuke tapi ia malah terseret ke dalam pertempuran dengan tim Sasuke.

Sasuke mengalami kesulitan menembus pelindung Petir  A, dengan Chidori hanya menimbulkan luka kecil ke A. meneruskan serangan dengan bom Liger, tapi dia juga memiliki kesulitan menghancurkan Sasuke karena Susanoo melindungi Sasuke. Sasuke mencoba menyerangnya dengan Amaterasu, tapi A terlalu cepat. Sasuke kemudian melapisi Susanoo dengan api Amaterasu untuk mencegah serangan fisik tambahan. Dalam kemarahannya berkembang, A mengabaikan ini dan menyerang  Sasuke sehingga lengannya terbakar ,walau begitu ketika Sasuke terjatuh karena pukulannya tadi, Ia melanjutkan serangannya tidak peduli dengan tangannya yang terbakar tapi serangannya ditahan oleh pasir Gaara, Godaime Kazekage. Kazekage meminta kesempatan untuk berbicara dengan Sasuke. Meskipun jengkel, A menggunakan ini sebagai kesempatan untuk menangani lengannya, ia memotongnya untuk mencegah Amaterasu  menyebar ke seluruh tubuhnya dan saat itu C menghentikan pendarahannya.

Beberapa waktu saat C menyembuhkan pendarahan A, Sasuke melarikan diri dengan menghancurkan pilar pilar bangunan sehingga bangunan itu roboh. A menghancurkan puing puing yang jatuh dan bergabung dengan Kazekage dalam mengejar dia kembali ke ruang pertemuan. Ketika mereka tiba mereka bertemu dengan Tobi, yang mengutus Sasuke dan menceritakan tentang rencana mata bulannya, dalam proses tersebut mengungkapkan bahwa Bee selamat dari penangkapan. Tobi kemudian meminta agar Bee, bersama dengan Naruto diserahkan kepadanya. A dan Kage lain menolak, mendorong Tobi untuk menyatakan dimulainya Perang Dunia Shinobi Keempat. Aliansi Shinobi disarankan lagi, kali ini dengan A sebagai pemimpin yang diusulkan. Kage slain etuju untuk ini sebelum kembali ke desa masing-masing untuk mempersiapkan perang.

Sebelum kembali ke Kumo, A dan anak buahnya melacak Bee. Mereka menemukannya Bee tengah bertarung dengan Kisame Hoshigaki. A dan B bekerja sama untuk memenggal kepala "Kisame" dengan Double Lariat. A memarahi Bee karena berpura-pura ditangkap, dalam perjalanan mereka kembali ke desa. Mereka diberitahu bahwa daimyo telah menyetujui pembentukan Aliansi Shinobi ketika mereka kembali, maka diadakan sebuah dewan perang untuk menilai kesiapan militer mereka .

Tiga hari kemudian, Kage lainnya bertemu dengan A di Kumogakure untuk membahas organisasi Aliansi. Sebagai materi pertama mereka mendiskusikan apa yang harus dilakukan dengan jinchūriki. Tsunade baru-baru ini kembali menjadi Hokage, percaya bahwa Bee dan Naruto Uzumaki harus diizinkan untuk bertempur di garis depan, sedangkan A dan para pemimpin lainnya percaya bahwa mereka harus bersembunyi, untuk mencegah musuh menangkap mereka.

Hokage akhirnya setuju dengan keputusan merek.  A memilih Turtle Island sebagai tempat bersembunyi dan meyakinkan mereka tentang keamanannya. Ketika Akatsuki kemudian menemukan lokasi ini, A menolak untuk membuat  Bee dan Naruto pindah. Dia malah mengirim Tsuchikage sebagai perlindungan ekstra dan menyuruhnya membawa kembali ke pulau Kumo.

Perang Dunia Shinobi

A tetap di kantor pusat dengan Hokage dan Tsuchikage sementara tentara Aliansi dimobilisasi. Shikaku Nara memberikan banyak masukan tentang bagaimana mengatur tentara  sehingga membuat A mengakui kehebatan ninja Konoha. Meskipun menjadi pemimpin Aliansi, A merasa tidak nyaman tidak berada di garis depan, ketika berita mencapai markas bahwa ayahnya di Edo Tensei, A ingin pergi dan menghadapi dia, tapi memilih untuk mengirim Tsuchikage setelah mengetahui MU yang juga di Edo Tensei.

Dia memiliki respon yang sama ketika Divisi Pertama bergerak 2 bersaudara Gold dan Silver. A menjelaskan di kantor pusat tentang 2 saudara ini dan membuat persiapan untuk menangani mereka jika mereka mulai menggunakan chakra Kyuubi. Dia menyuruh Mabui mengirim Kohaku no Jōhei untuk Darui dan memanggil bala bantuan dari divisi lain untuk membantu Divisi Pertama. Rencananya berhasil dan 2 bersaudara itu disegel.

Setelah mengetahui bahwa Bee dan Naruto telah melarikan diri dari kurungan, A dan Tsunade memutuskan untuk menghentikan mereka secara pribadi, meninggalkan Shikaku yang bertanggung jawab sementara mereka pergi. Setelah mencegat mereka, A mencoba untuk menekankan kepada mereka pentingnya menjaga mereka dari genggaman Akatsuki. Naruto mencoba melarikan diri menggunakan mode Chakra Kyuubi, tapi A bisa bersaing dengan Naruto dan memblokirnya. Merasa bahwa ia tidak akan mampu untuk mempengaruhi Naruto, A mencoba membunuhnya untuk mencegah penangkapannya. Bee memblokir serangan dan memberitahu saudaranya bahwa ia akan harus bersedia untuk membunuh mereka berdua. Ketika A tetap tidak akan mendengarkan kata-kata, Bee menyerang dan mengalahkan dia dengan sebuah Lariat, membuktikan kekuatannya. Kendati kalah, A masih menolak permohonan dari Bee dan Tsunade, mendorong Tsunade memutuskan untuk melawan A juga.

Bee mencoba sekali lagi untuk memberikan alasan dengan saudaranya, mengatakan kepadanya bahwa Bijuu bukanlah satu-satunya hal yang membuat mereka kuat tetapi juga orang-orang yang peduli tentang mereka, menyebut mereka sebagai "matahari". Bee mengatakan pada A bahwa Naruto punya dua matahari. A kemudian bertanya kepadanya tentang hal itu dan Naruto bercerita tentang orang tuanya, dan bahwa meskipun mereka meninggal tak lama setelah ia lahir, mereka membuatnya kuat. Setelah mendengar ini, A menyerang Naruto dengankekuatan penuh untuk membuktikan kehebatan Naruto, Naruto dapat sepenuhnya menghindari serangan itu. Dengan ini sebagai bukti kekuatan Naruto, Naruto diizinkan untuk memasuki medan perang yang menyatakan bahwa "penyelamat" mungkin masih hidup dalam bentuk diri Naruto. Setelah kembali ke markas, ia mendapat penjelasan tentang Zetsu Putih. A dan Tsunade menganalisa situasi, A bertanya apakah ada petunjuk tentang cara untuk mengalahkan Tobi yang mungkin saja makhluk abadi.

Setelah mendengar bahwa Madara Uchiha nyata telah dipanggil ke medan perang, ia dan yang lainnya di markas mencoba untuk menguraikan siapa orang bertopeng sebenarnya. Namun, setelah mendengar laporan Inoichi dari serangan yang terjadi di medan perang, dan niat Tsunade ingin ke medan tempur menggunakan  teknik teleport Mabui, dia mengatakan Mabui untuk mempersiapkan Teknik transfer Surgawinya untuk dua orang, bukan hanya Tsunade. Meskipun awalnya  Mabui protes, karena teknik ini berpotensi membunuh manusia jika digunaka. Tapi Tsunade memaksa dan akhirnya A dan Tsunade kemedan tempur, menghadapi Edo Tensei Madara.

Setelah menanyakan apakah Tsunade baik baik saja, serta menunjukkan bahwa ia akhirnya dapat kesempatan dan ia mengatakan telah menunggu hari untuk, ia berdiri bersama-sama dengan Kage lain untuk menghadapi Madara.  Pertarungan sengit terjadi kelima Kage melawan Madara, kelima Kage terlihat selalu terdesak karena hebatnya Madara yang bahkan mempunyai Rinnegan sehingga harus menyerang secara fisik, di tambah lagi Madara menggunakan Susanoo. Kelima kage jatuh bangun menghadapi Madara yang menggunakan Kagebunshin Elemen Kayu yang juga menggunakan Susanoo.

A juga mulai menghawatirka n gaya bertarung Tsunade yang sembrono.Walau kesulitan kelima kage menyatukan kekuatan dengan ninjutsu medis dari Tsunade memberikan chakra pada Oonoki sehingga Oonoki mampu mengeluarkan teknik peluncuran nuklirnya sehingga menghabisi Kagebunshin Madara, karena kagebunshin tidak mampu menyerap teknik itu dan juga mencoba menyerang Madara yang asli tetapi Madara menyerap teknik itu dengan mata rinnegan akan tetapi ternyata dalam jutsu itu terdapat pasir Gaara yang tidak dapat ia serap dan juga ada naga air dari Mei Terumi yang digabungkan dengan Petir Raikage membuat Madara terdesak akan tetapi Madara akhirnya menunjukan kekuatan nya yang sesungguhnya bentuk Susanoo yang sempurna dan sangat besar satu tebasan pedangnya dapat menghancurkan gunung. Kelima kage benar benar tak berdaya akan tetapi Itachi akhirnya berhasil menghentikan jutsu Edo Tensei sehingga kelima kage terselamatkan.




Leave a Reply.